Home Uncategorized Misa Malam Natal Berlangsung Aman, & Kondusif, Berikut Imbauan Kapolres Fakfak Pada Perayaan Natal 2021.

Misa Malam Natal Berlangsung Aman, & Kondusif, Berikut Imbauan Kapolres Fakfak Pada Perayaan Natal 2021.

Views : 165
IMG_0096

Laporan : Rustam Rettob / Wartawan.

Fakfak – Seluruh Umat Kristiani di Kabupaten Fakfak sejak, Jumat, (24/12) malam melaksanakan Misa Malam Natal yang berlangsung ditempat ibadah (Gereja) terdekat masing-masing.

Pelaksanaan Ibadah Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kali ini sangat berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung ditengah Pandemi Covid – 19.

Berdasarkan hasil pantauan media ini, Panitia Natal masing-masing gereja di Kabupaten Fakfak juga telah mengatur pelaksanaan Ibadah Natal sejak Misa Malam hingga berlangsungnya Natal 25 Desember 2021 dengan mentaati Protokol Kesehatan.

Panitia gereja selain mengatur jarak saat beribadah didalam gereja, mereka juga menyiapkan berbagai kebutuhan fasilitas kesehatan seperti, Masker, Tempat Cuci Tangan, Hand Sanitizer, 

Disetiap gereja juga terlihat pengamanan sebagaimana biasanya dilaksanakan oleh aparat Gabungan, TNI/Polri, Satpol PP, Perhubungan, didukung Badan Komunikasi seperti ORARI, dan RAPI Kabupaten Fakfak.

Bahwa untuk tidak terganggu berlangsungnya ibadah natal sejak Misa malam hingga puncak 25 Desember 2021, Polisi telah melakukan rekayasa arus lalu lintas jalan,

Misalnya, seperti arus lalu lintas didepan Gereja Santo Yoseph puncak, (Samping Kantor Kodim 1803/Fakfak), Gereja GKI Immanuel didepan Kediaman Kapolres Fakfak, serta beberapa gereja lain lagi yang berpotensi terganggu ibadahnya akibat kebisingan lingkungan dari kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ditengah pengamanan baik aparat TNI/Polri dan Panitia Natal serta Partisipan lainya, perayaan Misa malam Natal di Kabupaten Fakfak terlihat sangat aman dan sangat kondusif,

Puncak perayaan Natal 25 Desember 2021 pagi ini dibawah cuaca yang cukup cerah diselimuti kebersamaan dan kedamaian, serta penuh kekeluargaan,

Kapolres Fakfak, AKBP Ongky Isgunawan didampingi Kabag Ops. Polres Fakfak, Indro Rizkiadi, kepada wartawan selepas upacara gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan tahun Baru, Kamis, (23/12). menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak untuk menjaga situasi dan keamanan selama pelaksanaan ibadah 25 Desember 2021 dengan aman dan kondusif.

Kapolres menyampaikan bahwa ratusan tim gabungan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang diterjunkan kemarin adalah tujuanya untuk turut memberikan rasa aman kepada semua masyarakat kabupaten fakfak, lebih khusus pengamanan selama pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru.

Orang nomor satu di jajaran Polres Fakfak, (Kapolres-red) tiada hentinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak agar selalu menjaga kedamaian, dan bagi umat Kristiani yang harus melaksanakan ibadah Natal agar tidak tinggalkan rumah disaat pintu dan jendela tidak terkunci.

Ia berharap, apakah itu Kios, Toko maupun tempat-tempat yang menyimpan barang berharga lainya agar diamankan sebelum meninggalkanya menuju gereja untuk beribadah, termasuk kendaraan milik pribadi juga diperhatikan agar jauh dari taregt pencurian.

“Saya minta agar kita semua menjadi polisi bagi diri kita sendiri, jaga kedamaian, ketertiban, serta hubungan baik antar sesama selama pelaksanaan ibadah Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 besok, kita semua wajib mentaati Protokol Kesehatan dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu ibadah natal yang sedang berlangsung”, Imbau Kapolres Fakfak

Kabag Ops Polres Fakfak, Indro menegaskan bahwa bagi masyarakat yang dapat melihat dan merasakan hal-hal yang dapat mencurigakan agar segera laporkan ke pihak berwajib untuk diambil tindakan pencegahan dini,

Indro, Kabag Ops yang pernah menciduk KPK Gadungan di Fakfak ini berpesan kepada masyarakat bahwa Polisi terutama Tim Gabungan Pengamanan Natal bertugas selama perayaan ibadah berlangsung demi kenayamanan masyarakat

“Kami hadir untuk menjamin keamanan ditengah berlangsungnya pelaksanaan ibadah natal di Kabupaten fakfak dilanjutkan dengan Tahun Baru, bagi kami aparat selama pelaksanaan pengamanan dilapangan, hanya satu kata, Kenyamana Masyarakat adalah Tujuan Kami”, Tutur Indro.

Diekathui, Polres Fakfak, Polda Papua Barat mendirikan 4 Pos pengamanan atau Pospam Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Pospam tersebut tersebar di wilayah Kabupaten Fakfak dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat perayaan Nataru.

Adapun Pos Pengamanan yang dibentuk yaitu di depan Pelabuhan Fakfak, di depan Pasar Ikan Tanjung Wagom, SPBU Puncak, dan satu Pos Pengamana di Bandara Torea,

Pos Pengamana di bandara Torea tidak dinamis karena sewaktu-waktu akan dipindahkan untuk personilnya bergab ung dengan Personil yang ada di Pos Pasar Dulan Pok-Pok, Torea,

Bahwa saat ini polisi telah terjunkan 115 tim pengamanan gabungan, personil gabungan akan menyebar melaksanakan penjagaan dan pengawasan pelaksanaan ibadah Natal diberagai gereja – gereja di kabupaten fakfak dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan secara ketat.

mataradar news

error: Content is protected !!