Home Sosial & Budaya “Wewowo LMA Maghi”, Willy Hegemur : Ini tentang Sebuah Nilai Persaudaraan di Fakfak

“Wewowo LMA Maghi”, Willy Hegemur : Ini tentang Sebuah Nilai Persaudaraan di Fakfak

Views : 265
WhatsApp Image 2022-01-23 at 07.44.01

Willy Hegemur, Ketua Panitia Pelaksana Musda Ke – 3, Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak, Tahun 2022, foto ; rustam rettob/mataradarnews.com

Fakfak – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) dalam waktu tidak lama lagi akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Kabupaten Fakfak – Provinsi Papua Barat.

Musda yang bakal digelar ini mengetengahkan tiga agenda yakni, Membahas AD/ART serta program kerja, Meminta laporan pertanggungjawaban, selanjutnya memilih dan menetapkan Ketua serta perangkat kepengurusan yang baru.

Untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan dimaksud kedepan, Panitia Pelaksana Musda Ke – 3 menggelar tikar adat “Wewowo LMA Maghi”, sebagai bentuk nilai pertaisipasi masyarakat mendukung agenda tersebut.

Wewowo LMA Maghi merupakan sebuah ruang adat yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan serta menjalin tali silaturahim satu sama yang lainya di Negeri Mbaham ini

“Wewowo” artinya panggilan adat (Undangan) untuk duduk dan kumpul bersama – sama membicarakan suatu masalah tertentu diselingi secangkir kopi, tembakau negeri (Rokok tradisional-red),dan ciri khas adat lainya.

“Wewowo Maghi”, adalah sebuah tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Fakfak dalam perspektif adat untuk membahas dan membicarakan masalah tertentu dan memberikan sejumlah uang “Maghi”.

Ketua Panitia Pelaksana Musda Ke – 3 LMA Kabupaten Fakfak, Willy Hegemur, SE, ketika ditemui wartawan disela prosesi adat “Wewowo LMA Maghi”, sabtu, (22/1) kemarin, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut untuk memfasilitasi pelaksanaan Musda yang sudah ditentukan dan dilaksanakan beberapa saat lagi.

Menurut Willy, terhadap partisipasi semua pihak dan undangan yang hadir kemarin diacara “Wewowo LMA Maghi” yang berlangsung digedung Kesenian itu bahwa bukan soal berapa nilai rupiah yang disumbangkan tetapi nilai persaudaraan yang lebih kuat, serta silaturahim terus terjaga.

“Wewowo LMA Maghi” tersebut bukan soal berapa banyak yang disumbangkan tetapi lebih kepada nilai persaudaraan, memperkuat tali silaturahim antar sesama masyarakat di Kabupaten Fakfak, termasuk membutuhkan pikiran-pikiran konstruktif demi kemajuan daerah kita kedepan”, Ungkap Willy Hegemur.

Musda Ke – 3 yang dipredikasikan akan berlangsung sejak 27-28 Januari 2022 nantinya bertempat di Hotel Grand Papua – Fakfak, Willy meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan Musda dimaksud, termasuk dukungan pemerintah daerah Kabupaten Fakfak.

“Kesiapan kita sudah cukup maksimal dan sesuai jadwal dari LMA Provinsi Papua Barat, kami LMA Fakfak diminta untuk melaksanakan Musda berkisar 28 Januari 2022, dan komunikasi secara intens terus kami lakukan hingga hari H nantinya”, Ulas Willy kepada awak media kemarin.

Melihat tahapan pelaksanaan Musda LMA Kabupaten Fakfak saat ini, Willy sebut sudah ada 2 Bakal Calon yang menyatakan kesiapanya maju Calon sebagai Ketua yakni, Jhon Rohrohmana, dan Valentinus Kabes, Menurutnya, (rr)

mataradar news

error: Content is protected !!