Home Politik KPU Pusat Hadir Berikan Materi Sosialisasi Aplikasi (SIMPAW) di Papua Barat.

KPU Pusat Hadir Berikan Materi Sosialisasi Aplikasi (SIMPAW) di Papua Barat.

Views : 141
WhatsApp Image 2021-11-02 at 19.24.36

Manokwari – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mengembangkan serta meningkatkan kualitas system informasi dalam mendukung kelancaran bagi tugas para penyelenggara pemilu dan pemilihan, baik di pusat hingga di tiap satuan kerja Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat berkerjasama dengan Tim Biro Teknis KPU RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antarwaktu (SIMPAW) bagi KPU Kabupaten/Kota se-Papua Barat. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, (1/11) kemarin, pukul 12.30-16.00 WIT dengan metode daring berjalan dengan efektif.

Setiap KPU Kabupaten/Kota yang hadir menghadirkan Divisi Teknis Penyelenggara KPU, Kepala Sub Bagian Teknis dan Operator SIMPAW KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan Narasumber yang telah disiapkan dan dihadirkan adalah Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Papua Barat dan Tim Biro Teknis KPU Republik Indonesia.

Panitia di bagian Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Papua Barat membawakan acara pembukaan dengan sambutan Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya serta Kepala Sub Bagian Pergantian Antar Waktu KPU RI. Dengan dilanjutkan oleh moderator yaitu Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas, Joni Jitmau untuk masuk pada bagian materi.

Materi terkait kebijakan penggantian antarwaktu anggota DPRD Kabupaten/Kota dibawakan oleh Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Papua Barat, Fatmawati.

Mantan ketua Umum HMI Cabang Sorong itu menguraikan materi terkait, dasar hukum, mekanisme, prinsip-prinsip, ketentuan-ketentuan, serta persyaratan-persyaratannya dalam pelaksanaan pergantian antar waktu. Hal ini wajib dipahami oleh KPU Kabupaten/Kota dan diteruskan kepada Partai Politik serta Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Sebagaimana inti dari kegiatan ini, maka moderator memberikan waktu kepada Tim Biro Teknis KPU RI untuk memberikan bimbingan teknis penggunaan SIMPAW.

Dalam penjelasannya disampaikan bahwa fungsi dari Aplikasi SIMPAW adalah untuk membantu proses PAW, sehingga kita harus memiliki status yang jelas apakah proses PAW tersebut memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat atau dalam proses verifikasi.

Disesi selanjutnya dilakukan uji coba penggunaan aplikasi SISMPAW sesuai contoh kasus dengan dipandu oleh Tim SIMPAW KPU Republik Indonesia. Kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab kepada peserta BIMTEK.

Menutup kegiatan ini, moderator memberikan waktu kepada Divisi Teknis Penyelenggara dan Ketua KPU Provinsi Papua Barat untuk menyampaikan closing statement sekaligus menutup acara Rapat Koordinasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antarwaktu (SIMPAW). (MN-1)

mataradar news

error: Content is protected !!