Home Pendidikan Mahasiswa STAIS Al-Mahdi Fakfak Mengikuti Praktikum Peradilan, Berikut Penjelasan Ketua Prodi.

Mahasiswa STAIS Al-Mahdi Fakfak Mengikuti Praktikum Peradilan, Berikut Penjelasan Ketua Prodi.

Views : 149
WhatsApp Image 2021-11-15 at 16.07.56

“SELAMAT DAN SUKSES ATAS DILANTIKANYA IBU LILIS MARWATI ACHMAD, S.H SEBAGAI SEKRETARIS PENGADILAN AGAMA FAKFAK”

Fakfak – Sebanyak 10 orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Al-Mahdi Fakfak mengikuti Praktikum Peradilan di Pengadilan Agama Fakfak dan selanjutnya akan diroling lagi ke Pengadilan Negeri Fakfak.

Ketua Program Studi, Lutfy Rumaday, S.Ag ditemui, mataradarnews.com, senin, (15/11) saat menghadiri pengambilan sumpah janji dan jabatan Sekretaris Pengadilan Agama Kabupaten Fakfak kepada media ini menjelaskan bahwa praktikum tersebut rencana tidak saja di Pengadilan Agama melainkan juga di Pengadilan Negeri Fakfak.

Dikatakan Lutfy bahwa Praktikum Peradilan Agama tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman secara utuh kepada mahasiswa tentang peradilan agama. Karena selama ini mahasiswa sudah mengetahui dari proses perkuliahan tentang perkara, hukum acara dan lain sebagainya, namun tanpa praktikum ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan tentu belum maksimal.

“Dengan praktikum ini, ilmu yang telah didapatkan dapat dilihat lansung bagaimana praktik di Pengadilan Agama Fakfak, karena dengan praktikum ini mahasiswa lebih memahami bagaimana proses persidangan, administrasi perkara dan lain sebagainya sampai pada putusan atau penatapan,” Sebut Lutfy

Sebagai Ketua Program Studi Hukum Pidana Islam di Kampus STAIS Al-Mahdi Fakfak, lebih lanjut Lutfy menguraikan bahwa untuk bulan pertama (November 2021) dilakukan praktikum di Pengadilan Agama Fakfak, dan rencana awal januari 2022 mereka melanjutkan praktiknya di Pengadilan Negeri Fakfak sesuai disiplin ilmu yang mereka peroleh di Kampus, kata dia.

“Sejak Tahun 1999 sebagai praktikum pertama, Stais Al-Mahdi Fakfak bermitra dengan PA Fakfak, nanti setelah perubahan regulasi bahwa dari Jurusan Jinayah Syiasah dialihkan ke Jinayah (Hukum Pidana Islam) barulah 4 tahun terkahir praktikum juga di Pengadilan Negeri Fakfak karena ada program studi hukum pidana islam”, Urai Lutfy Rumaday.

Praktikum tersebut juga bagian dari tahapan perkuliahan dimana mereka menyelsaikan 4 SKS untuk memenuhi syarat dan masuk mendaftar untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN), (RR)

mataradar news

error: Content is protected !!