Home Nasional Komitmen Tidak lagi Sedot Pasir Dilaut, Wisata Kaimana pasti akan Menjadi Sorotan Dunia.

Komitmen Tidak lagi Sedot Pasir Dilaut, Wisata Kaimana pasti akan Menjadi Sorotan Dunia.

Views : 100
WhatsApp Image 2022-04-18 at 08.50.17

Bupati Kaimana, Freddy Thie dan Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito dalam acara selama kunjungan di Kaimana, foto ; dok.

Kaimana – Kunjungan Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito selama beberapa hari di Kabupaten Kaimana – Papua Barat memberikan dampak positif terhadap pemerintah setempat karena melakukan kerjasama dibeberapa bidang guna untuk mendukung percepatan program pembangunan di Kabupaten berjulukan Kota Senja ini.

Kunjung Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito ini mulai mengunjungi beberapa spot wisata di Kaimana sebagai bagian dari jantung pengembangan wisata di Kaimana, dia juga menyambangi Food Court Kaimana untuk melihat kuliner dan kerajinan tangan hasil produksi masyarakat sekaligus dia lakukan perbincangan dengan Mama – Mama Papua di Kaimana.

“Beberapa hari ini Saya mendampingi tamu kehormatan Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito berkeliling ke sejumlah spot Wisata dan potensi maritim Kabupaten Kaimana. Mulai dari kawasan Teluk Triton, Kolam Sisir dan terakhir di Taman Jokowi Iriana.

Mr. Nico sempat menyambangi Food Court Kaimana untuk melihat jajanan kuliner dan kerajinan tangan hasil produksi masyarakat Kaimana. Dalam kesempatan ini, Mr. Nico sempat berbincang dengan Mama2 yang menjajakan makanan dan produk kerajinan tangan hasil produksi mereka.”, Penjelasn Bupati Kaimana melalui rilis yang diterima media ini, Minggu, (17/4) malam.

Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito mengunjungi spot wisata dan melihat secara dekat kuliner lokal milik masyarakat, selanjutnya dia bersama Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, para Pimpinan Forkopimda, Anggota DPRD, Pimpinan OPD, dan Tokoh Masyarakat di Kaimana bergeser ke Jembatan Jodoh Taman Jokowi – Iriana. Sembari menanti adzan magrib untuk berbuka puasa bersama ummat muslim yang hadir,

Bupati sampaikan bahwa dia Mr. Nico menandatangani Letter of Intent sebagai bentuk komitmen kerjasama antara Pemerintah Republik Seychelles dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam bidang pengembangan pembangunan kemaritiman berkelanjutan berbasis ekonomi biru.

“Beberapa poin yang menjadi kesepatakan kita yaitu Pengembangan Eco Bahari Berkelanjutan, Pengembangan Perikanan yang bertanggungjawab dan Industri Hilir, Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Pengolahan Sanitasi Lingkungan yang baik dan terupdate.”, Ungkap Freddy Thie, Bupati Kaimana.

Perlu diketahui bersama, Republik Seychelles merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi wisata maritim kelas dunia. Meski negara ini tergolong kecil, namun hampir sebagian wilayahnya difungsikan sebagai Taman Nasional dan Pusat Konservasi.

Seychelles memiliki komitmen yang kuat terhadap perlindungan ekosistem dan kebijakan konservasi. Tidak heran jika Pariwisata menjadi mesin utama penggerak perekonomian Republik Seychelles.

Menurut cerita Mr. Nico, Republik Seychelles memiliki kesamaan dengan Kaimana, yaitu potensi wisata eco baharinya.

Dia bahkan menyarankan agar semua masyarakat menjaga serta mengembangkan potensi wisata bahari yang ada di Kaimana, asalkan ini dikelola dengan baik, didukung kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan, “Wisata Kaimana pasti akan menjadi sorotan dunia.”, Pesan Duta Besar Negara Republik Seychelles Mr. Nico Barito

“Saya berharap, saran ini menjadi perhatian kita bersama agar tidak lagi membuang sampah ke laut, tidak lagi mengambil pasir di pesisir pantai, tidak lagi berburu hewan dan burung yang dilindungi,

Tidak lagi merusak karang di bawah laut, serta menjaga pola interaksi dengan Hiu Paus. Sebab semua itu merupakan potensi wisata yang kita miliki, yang suatu saat akan menjadi mesin penggerak ekonomi kita.”, Tutup Freddy, (rls/rr)

mataradar news

error: Content is protected !!