Home Nasional Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI yang Dipilih Jokowi

Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI yang Dipilih Jokowi

Views : 203
foto-ksad-andika-perkasa-bicara-soal-penyerangan-polsek-ciracas_169

Jakarta – Jokowi Resmi Usulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Penglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahyanto.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengumumkan lembaganya telah menerima surat presiden (surpres) berisi pengajuan calon Panglima TNI dari Presiden Jokowi. Isinya, Presiden mengusulkan KSAD Jenderal Andika Perkasa.

“Presiden mengusulkan satu nama calon Panglima TNI,Atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11).

Jokowi hanya mengusulkan satu nama. Puan menjelaskan, setelah menerima surpres, DPR akan segera memproses surat tersebut untuk mempersiapkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Momen Jokowi menunjukkan figur calon Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahyanto telah membuat seluruh rakyat Indonesia antusias menanti figur Panglima TNI baru kebanggaan rakyat di NKRI.

Seperti diketahui, Jokowi sering kali menunjukkan ‘kode’ soal Panglima TNI baru. Beberapa kode ini merujuk kepada sosok Jenderal TNI Andika Perkasa.

Ada dua momen dirangkum oleh sejumlah media, momen pertama yakni Jokowi meminta Andika sopiri istrinya, Iriana Jokowi. Momen itu terjadi setelah upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka selesai, Selasa (5/10).

Jokowi saat itu hanya melempar candaan ke Iriana dan Andika. Saat itu Jokowi bersama Iriana dan Wapres Ma’ruf Amin beserta Wury Estu Handayani meninjau alutsista di depan Istana.

Sejumlah pejabat lain turut mendampingi, di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi tampak berdialog dengan Hadi di depan deretan kendaraan taktis yang dipamerkan. Setelah itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa turut memberikan penjelasan kepada Jokowi.

Peninjauan kendaraan-kendaraan taktis ini tak berlangsung lama. Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi. Sebelum kembali ke Istana,

Jokowi sempat melontarkan candaan ke istrinya. Jokowi menawari Iriana naik kendaraan taktis TNI dan KSAD Andika yang menyopiri.

“Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika, ha-ha-ha…,” demikian candaan Jokowi kepada Iriana.

Momen kedua ketika Andika melepas Jokowi dan rombongan ke tiga negara, yakni Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab, Jumat (29/10).

Hadir melepas kunjungan kerja Jokowi yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pranowo hingga Mensesneg Pratikno. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa tampak dalam rombongan tersebut.

Biasanya, dalam kesempatan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto selalu ikut melepas Jokowi jika di sana hadir Kapolri Jenderal Sigit. Namun kali ini yang hadir adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga sempat menjelaskan mengapa KSAD yang ikut melepas Jokowi ke Eropa. Alasan mendasar adalah agar tak ada ketersinggungan.

“Agar tidak ada ketersinggungan, saya minta yang paling senior yang mewakili,” kata Hadi saat dimintai konfirmasi salah satu media (Senin, 1/11/)

Hadi menjelaskan Andika merupakan alumnus Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) paling senior di antara para kepala staf. Andika adalah alumnus Akabri.  Alhamdulillah do’a seluruh Rakyat Indonesia diqobulkan Allah, SWT. (rls/MN-1)

mataradar news

error: Content is protected !!