Home Daerah Menyongsong Sail Teluk Cenderawasih Festival Resmi Dilaunching di Pulau Mansinam

Menyongsong Sail Teluk Cenderawasih Festival Resmi Dilaunching di Pulau Mansinam

Views : 347
FB_IMG_1644092162013

Manokwari – Festival Teluk Cenderawasih sebagai rangkaian untuk menyongsong Sail Teluk Cenderawasih resmi dilaunching di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Sabtu (5/2/2022) kemarin.

Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih sendiri akan dilakukan di kawasan kabupaten yang ada di Teluk Cenderawsih Provinsi Papua dan Papua Barat, sementara untuk puncak acara rencananya akan dilakukan di Kabupaten Biak Numfor.

Acara launching ditandai dengan penabuhan tifa, penandatanganan berita acara launhing dan pelepasan balon pada saat ibadah perayaan Hari Pekanaran Injil di Tanah Papua yang ke-167 yang dihadiri langsung oleh Ketua BPAM Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu, M.Th, tepatnya di Halaman Gereja Tua Lahai – Roi Pulau Mansinam.

Adapun sejumlah pejabat yang ikut hadir sekaligus ikut mengambil bagian dalam kegiatan launching itu masing-masing Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Dr.Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA dan staf ahli lainnya mewakili Menteri/Kepala Bappenas Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama, Direktur Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu juga hadir Asisten II Setda Provinsi Papua Barat mewakili Gubernur Papua Melkias WR, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Papua Yoel W, mantan birokrat senior dan diplomat asal Papua Maichel Manufandu, sejumlah pejabat terkait, termasuk tokoh-tokoh agama dari berbagai dedominasi gereja di Indonesia.

Sementara kepala daerah dan perwakilan kepala daerah yang ada didelapan kabupaten yang masuk di wilayah Teluk Cenderawasih, masing-masing tiga kabupaten dari Provinsi Papua Barat dan enam kabupaten dari Provinsi Papua juga hadir dalam kegiatan persiapan pelaksanaan iven internasional itu.

Mereka adalah Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd, Wakil Bupati Teluk Wondama, Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wakil Bupati Waripen dan sejumlah pejabat terkakit lainnya yang mewakili bupati terkait di kabupaten yang ada di wilayah Teluk Cenderawasih.

Sekedar diketahui, adapaun kabupaten yang berada di wilayah Teluk Cenderawasih Provinsi Papua masing-masing Kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Nabire, Waropen, Supiori, Membramo Raya adalah kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Papua. Sementara kabupaten yang masuk di wilayah Teluk Cenderawasih di Provinsi Papua Barat masing-masing Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Kabupaten Teluk Wondama.

“Setelah launching festival ini, maka akan ditindaklanjuti dalam bentuk melakukan persiapan-periapan menuju pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih, pertemuan sebagai tindaklanjuti persiapan sebelumnya akan dilakukan secara marathon sehingga kita berharap iven internasional ini benar-benar disiapkan secara matang,” ujar Velix Wanggai saat memberikan sambutan.

Diharapkan dengan Sail Teluk Cenderawasih nantinya akan membantu mengangkat kemajuan pembangunan diberbagai sector khususnya di delapan kabupaten di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Pasalnya dengan pelaksanaan even internasional itu akan dijadikan sebagai sebuah paying untuk memperkuat berbagai kegiatan percepatan pembangunan diberbagai bidang, diantaranya infrastruktur, ekonomi berbasis kerakyatan, pariwisata dan sector kelautan, kebudayaan dan sejumlah sector lainnya.

“Tentunya persiapan Sail Teluk Cenderawasih ini tidak sekedar sebagai kegiatan seremoni, namun harus menjadi semangat kita dalam melakukan agenda-agenda besar kedepan melalui berbagai kegiatan pembangunan menuju pelaksanaan Sail,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Herry Ario Naap saat memberikan sambutan mengajak semua kepala daerah yang ada di wilayah Teluk Cenderawasih untuk menyatukan tekad dalam mendukung suksesnya pelaksanaan tahapan-tahapan komunikasi persiapan pelaksaan Sail Teluk Cenderawasih yang saat ini terus dibangun ke pemerintah pusat.

“Ini adalah perjuangan panjang yang telah dilakukan kurang lebih 4 tahun ke pemerintah pusat, komunikasi dan respon dari Bappenas serta sejumlah kementerian terkait luar biasa, kita tinggal menunggu Keppres, dan rencana pelaksanaan Sail akan dilakukan akhir tahun 2023. Mari kita satukan tekad untuk mewujudkan iven yang akan memberikan dampak kemajuan bagi daerah kita,” ujarnya.

Dalam acara peluncuran Festival Teluk Cenderawasih itu juga dimeriahkan oleh tari-tarian dan lagu daerah yang ditampilkan masyarakat dari Kabupaten Biak Numfor, festival pameran hasil laut, pertanian dan sejumlah potensi Kabupaten Biak Numfor yang dipamerkan langsung oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, misalnya saja ikan tuna, lobster, serta sejumlah lainnya.

Sekedar diketahui, dalam sambutan yang disampai secara bergantian oleh masing-masing perwakilan kabupate, pejabat terkait dari kementerian juga menyatakan kesiapannya ikut mendukung suksesnya even Sail Teluk Cenderawasih yang diharapkan dapat mendongkak percepatan pembangunan dikawasan Teluk Cenderawasih. (rls/rr)

mataradar news

error: Content is protected !!